Samsung Galaxy S4 : Ponsel Superior di Kelas Superphone

Handphone canggih berikut ini dikenal dengan nama Hp Samsung Galaxy S4. Bila dilihat dengan sekilas, tampilan body smartphone ini terlihat mirip dengan pendahulunya (yakni Samsung Galaxy S3). Tapi, jika diperhatikan dengan lebih detail, Hp Samsung Galaxy S4 ini memiliki dimensi body yang lebih tipis serta bobotnya juga 3 gram lebih ringan dibanding bobot Hp pendahulunya itu, yakni berdimensi 136,6 x 69,8 x 7,9 mm dan berbobot 130 gram. Selain lebih tipis dan lebih ringan, Hp yang di pasaran dibanderol dengan harga cukup mahal yakni seharga Rp 7.499.000 ini juga dibekali layar dengan ukuran yang lebih lebar (yakni 5 inci) dan baterai yang kapasitas dayanya juga lebih besar dari pendahulunya.

Lebih detailnya, berikut ini spesifikasi mengenai Samsung Galaxy S4:

Pilihan Warna : 
Pilihan warna untuk Samsung Galaxy S4 memang tergolong minim. Hanya tersedia warna hitam dan putih.

Sistem Operasi dan UI :
Samsung Galaxy S4 ini dibekali dengan android Jelly Bean untuk sistem operasinya. Bahkan, sistem operasi yang ada di smartphone ini adalah android Jelly Bean versi paling baru yang ada saat ini dengan balutan TouchWIZ sehingga lebih memudahkan para pengguna dalam beradaptasi ketika menggunakannya.
Samsung Galaxy S4
gambar dari techcircledxb.com

Desain (tampilan pada body luar) :
Tampilan luar hp canggih yang satu ini bisa dibilang cukup simpel dengan ukuran body yang langsing dan tipis. Ukuran hp ini hanya 136.6 x 69.8 x 7.9 mm dan bobotnya hanya 130 gram.

Display (layar) :
Samsung Galaxy S4 ini memiliki ukuran layar yang lebar yakni sebesar 5 inci. Sedikit lebih lebar dibanding ukuran layar pendahulunya yang hanya 4.8 inci. Selain itu, layar pada S4 ini juga didukung dengan teknologi layar sentuh super AMOLED kapasitif, dan dengan resolusi yang sangat tinggi yakni 1080 x 1920 pixel, 16 juta warna.

Teknologi AMOLED Samsung ini memiliki karakteristik kontras yang impresif, serta saturasi warna yang baik, bahkan lebih baik dari pada panel LCD. Layar pada ponsel canggih keluaran samsung ini juga dilengkapi dengan viewing angle yang lebar sehingga mampu meminimalisir terjadinya penurunan kualitas warna pada layar ketika posisi layar berada pada posisi atau sudut yang ekstrim sekalipun.

Kamera :
Smartphone ini memang memiliki banyak keunggulan, hal tersebut ditunjukkan pada kameranya yang mumpuni (ukuran pikselnya sangat besar). Kamera utama pada hp S4 ini sebesar 13 MP, sedangkan kamera sekundernya sebesar 2 MP. Pada hp samsung galaxy S4 ini, pengguna tidak perlu lagi berpindah mode antara mode kamera foto dengan mode perekam video. Sebab, hp canggih ini bisa melakukan pemotretan dan perakaman video secara bersamaan. 

Selain itu, ponsel pintar ini juga bisa melakukan dual shot (yakni mengaktifkan kamera depan dan belakang secara bersamaan). Jadi, pengguna tidak hanya bisa memotret objek yang ia dilihat, tapi lebih dari itu, pengguna juga bisa memotret dirinya sendiri dan memotret objek yang ia lihat secara bersamaan. 

Konektifitas :
Smartphone S4 ini memang komplit, hampir semua pilihan konektifitas yang dibutuhkan tersedia dalam hp ini seperti USB, Bluetooth, Wi-Fi, GPRS, infrared dll. Hanya  ada satu macam jenis konektifitas yang tidak ada di dalam ponsel ini yakni konektifitas 4G LTE.

Harware :
Samsung Galaxy S4 ini menggunakan chipset Exynos 5 Octa 5410 termasuk prosesor octacore (gambungan antara Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 dan Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7) dan GPU tri-core PowerVR 5GX 544. Cortex-A15 adalah prosesor yang kinerjanya lebih kuat sedangkan Cortex-A7 adalah prosesor yang kinerjanya lebih lambat tapi konsumsi dayanya lebih hemat. Hal tersebut memungkinkan para penggunanya ketika menggunakan hp samsung galaxy S4 ini, apakah memprioritaskan pada performa atau lebih mementingkan efisiensi daya. 

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 2 GB dan dengan memori internal sebesar 16/32/64 GB serta memori eksternal yang bisa diupgrade hingga 64 GB.

Fitur Lain yang disematkan pada Samsung Galaxy S4 antara lain :
Fasilitas 3G; Browser; Java MIDP; GPS internal; Aplikasi navigator; Email; Document viewer; Music player; Video player; Video recorder; OS terbuka; Radio FM; TV-out(via MHL A/V Link); Air View; Air Gesture; Motion Gesture; Smart Screen; Baterai Li-Ion 2600 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S4 

Nilai plusnya adalah
  • Layarnya lebar (5 inci full HD)
  • Kamera 13 MP yang kaya fitur
  • Perekam video full HD
  • Android versi terbaru
  • Performa hardwarenya yang superior
  • Memiliki segudang fitur menarik
Sedangkan nilai minusnya adalah
  • Body luar terbuat dari material plastik (sehingga terlihat seperti murah)
  • Pilihan warnanya minim (hanya ada dua pilihan warna yakni hitam dan putih)
  • Harga relatif mahal (±Rp 7.499.000)