Cara Menghemat Baterai Hp (pada Smartphone)

Tidak bisa dipungkiri jika Smartphone merupakan salah satu produk hp yang kaya akan fitur-fitur canggih. Dan tentu saja kehadiran fitur-fitur canggih tersebut akan banyak membantu kita dalam menjalankan rutinitas kita sehari-hari. Tapi, tahukah anda jika kehadiran fitur-fitur canggih yang banyak ragamnya tersebut juga akan memberi dampak kurang baik pada hp, yakni banyak menyedot konsumsi listrik yang akibatnya baterai hp menjadi gampang ngedrop atau habis.

Fakta tersebut adakalanya tentu akan merepotkan anda. Terlebih baterai hp ngedrop pada saat kita sedang benar-benar membutuhkannya. Kalau kita berada di rumah atau di kantor mungkin kita bisa mengatasinya dengan cara langsung mencharge baterainya, tapi bagaimana jika kita sedang berada dalam perjalanan. Tentu kita akan dipusingkan oleh hal sepele ini.

cara menghemat baterai hp
Tapi masalah baterai ngedrop tidak akan terjadi andai saja kita mengetahui dan mengikuti petunjuk tentang cara menghemat baterai hp (pada smartphone) seperti yang ada di bawah ini:

  • Sektor Layar : Sektor layar pada smartphone merupakan sektor atau bagian yang paling banyak menyedot sumber daya listrik. Semakin besar ukuran layar sebuah smartphone, daya listrik yang dibutuhkan juga akan semakin besar pula. Cara menyiasatinya agar baterai smartphone anda lebih awet, anda bisa mengatur tingkat pencahayaan atau kekontrasannya menjadi lebih redup.
  • Sektor wallpaper : Selain tingkat kekontrasan, sektor wallpaper merupakan bagian yang perlu diperhatikan. Mengapa? Penggunaan walllpaper yang berlebihan (terlalu animatif) pada smartphone juga merupakan biang kerok yang dapat mengakibatkan baterai smartphone kita mudah ngedrop, sebab wallpaper yang terlalu berlebihan sangat banyak membutuhkan daya listrik dari baterai. Oleh sebab itu, agar baterai smartphone tidak mudah habis, sebaiknya kita gunakan wallpaper yang standart saja.
  • Sektor fitur  dan aplikasi : Memang sih sebagai ponsel pintar, smartphone dibekali dengan segudang aplikasi dan fitur-fitur canggih yang mampu memanjakan para penggunanya. Disamping itu, banyaknya aplikasi dan fitur tersebut juga mengakibatkan kosumsi baterai menjadi boros, terlebih jika aplikasi dan fitur-fitur tersebut diaktifkan secara bersamaan, pasti baterai smartphone kita akan cepat habis. Solusinya adalah anda harus lebih bijak untuk memilih aplikasi dan fitur-fitur apa saja yang anda butuhkan dan aplikasi dan fitur-fitur apa saja yang tidak anda butuhkan. Nah, jika sudah anda tentukan, sebaiknya segera anda matikan aplikasi dan fitur-fitur yang tidak anda perlukan tersebut.
  • Sektor Power Saving Mode : power saving mode adalah sistem pada smartphone yang berfungsi menonaktifkan fitur-fitur yang banyak menguras daya baterai secara otomatis. Mengaktifkan power saving mode bisa jadi merupakan cara paling ampuh untuk menghemat konsumsi listrik pada hp. Tapi, yang perlu diperhatikan dalam penggunaan power saving mode adalah fitur-fitur yang dinonaktifkannya secara otomatis itu tidak pandang bulu, artinya jika ia rasa fitur tersebut boros baterai maka secara otomatis ia akan menonaktifkannya meskipun fitur tersebut masih kita perlukan.

Dengan mengikuti petunjuk tentang cara menghemat baterai hp di atas, tentu konsumsi listrik pada smartphone kita akan menjadi lebih hemat dan kita akan terhindar dari masalah hp mati ketika sedang sangat dibutuhkan.