Cara Memperbaiki Blackberry yang Sering Error atau Hang

Blackberry merupakan salah satu jenis ponsel pintar yang memiliki beragam aplikasi dan fitur canggih di dalamnya. Dan fitur-fitur yang ada di dalam blackberry tersebut terbukti mampu memudahkan para penggunanya dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. Tapi itu jika blackberrynya bekerja secara maksimal. Lain cerita jika blackberry yang kita miliki sering error atau hang, tentu akan sangat merepotkan kita.

Sebenarnya, masalah BB (blackberry) sering error atau tidak, itu sedikit banyak dipengaruhi oleh kebiasaan penggunanya dalam mengoperasikannya sehari-hari. Jika pengguna tersebut bijak dalam menggunakan BBnya, tentu blackberry tersebut akan awet dan kinerjanya masih stabil. Tapi jika pengguna tersebut kurang disiplin dalam menggunakannya, tentu Bbnya rentan error atau hang. Kurang disiplin yang dimaksud seperti internetan dengan menggunakan BB sampai lupa waktu, mencharge baterai dengan telpon-telponan, dll. 
Cara Memperbaiki Blackberry yang Sering Error atau Hang

Tapi, jika anda rasa anda sudah bijak menggunakan blackberry yang anda miliki tapi masih saja BB anda sering error atau hang, anda tidak perlu risau dan galau, tidak perlu langsung pergi ke blackberry service center. Sebab anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah cara mengatasi blackberry yang sering error atau hang di bawah ini:

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan chace browsernya.Chace browser yang jarang dibersihkan, sangat berkonstribusi menjadikan blackberry anda menjadi sering error atau hang sebab chace yang menumpuk di dalam memori, akan sangat memberatkan sistem dalam membaca memori blackberry tersebut. Pada akhirnya blackberry tersebut sering error atau hang. Untuk membersihkannya anda bisa menuju browser > Tekan logo BB > Options > Cache Operations > Tekan semua tombol clear yang ada.

2. Event log Cleaning Homescreen, caranya tekan dan tahan tombol ALT kemudian tekan huruf LGLG > logo BB > pilih clear log > Delete.

3. Restart Blackberry anda. Anda bisa melakukannya dengan cara menekan secara bersamaan ketiga tombol ini, tombol Alt, tombol Caps (tombol aA) dan tombol del.

4. Dan yang terakhir, cabutlah baterai Blackberry tersebut pada saat masih dalam kondisi hidup atau menyala. Setelah baterai anda cabut, lalu biarkan beberapa menit sampai benar-benar tidak ada tenaga listrik yang tersisa di BB anda. Kemudian pasang dan hidupkan lagi.

Dengan mengikuti cara memperbaiki blackberry yang sering error atau hang di atas, kemungkinan besar kinerja blackberry anda akan kembali normal seperti sedia kala. Tapi jika masih saja sering terjadi error atau hang, mungkin permasalahannya lebih rumit dari itu, maka solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya ke pusat service blackberry.