Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Cara mengatasi insomnia atau susah tidur bisa dikatakan gampang-gampang susah lho. Bahkan tidak jarang orang mengeluh akan hal ini. Kebanyakan, mereka mengeluh tidak ada semangat (loyo) ketika sedang jam kerja atau mengeluh tidak bisa datang tepat waktu ke tempat kerja hanya karena malamnya mereka tidak bisa tidur atau mengalami masalah insomnia.

Meskipun kini sudah banyak toko yang menjual obat-obatan yang dapat membantu anda agar bisa cepat tidur, tapi sebisa mungkin anda harus hindari mengkonsumsi obat-obatan tersebut jika masih ada cara yang alami untuk mengatasi insomnia yang anda alami. Mengapa? Sebab pemakaian obat-obatan jelas memiliki efek samping jika terlalu sering dikonsumsi. Jangan sampai masalah insomnia teratasi tapi malah menimbulkan gangguan pada kesehatan kita. Nah sekedar untuk membantu anda yang mengalami insomnia, berikut ini adalah cara yang dulu pernah saya lakukan dan terbukti berhasil untuk mengatasi insomnia tanpa mengkonsumsi obat-obatan ( secara alami):

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah stop semua kegiatan ketika sudah menjelang tidur. Bagi orang-orang yang terbiasa melakukan aktivitas di malam hari seperti aktivitas online, nongkrong dll, hal ini akan terasa sulit untuk dilakukan. Dulu saya juga pernah ketagihan beraktivitas malam hari yakni aktivitas online, dan parahnya aktivitas tersebut tidak jarang saya lakukan hingga larut malam bahkan hingga dini hari. Dan awalnya saya memang merasa sulit untuk menghentikan kebiasaan online saya itu. Tapi di sini kita harus bijak mengatur waktu dan membiarkan badan serta pikiran kita untuk istirahat sejenak sebab jika waktu tidur kita kurang, jelas pekerjaan atau kegiatan yang kita lakukan keesokan harinya tidak akan maksimal. 

Kedua : Jangan memikirkan sesuatu apapun ketika menjelang tidur. Bagi anda yang merupakan tipe orang pemikir, hal ini pasti akan sangat sulit dilakukan. Sebab, tipe orang seperti ini biasanya tidak akan tenang sebelum apa yang ada dipikirannya atau dibayangannya itu benar-benar terealisasi atau paling tidak sudah ditemukan sebuah solusi tepat untuk menghadapinya besok. Tapi tidak perlu khawatir, sebab sebenarnya masih ada cara untuk mengatasinya yakni dengan mengatur suasana kamar tidur senyaman mungkin dengan tujuan agar pikiran anda bisa lebih rileks. Contoh: bila anda biasanya gampang sekali ngantuk ketika terkena angin sepoi-sepoi maka tempatkanlah kipas angin di kamar tidur anda, atau jika anda biasanya akan mengantuk ketika mendengarkan lagu-lagu slow atau jenis lagu-lagu pewayangan atau apalah namanya, anda bisa memutarnya dengan volume kecil. Intinya, lakukan apa yang bisa membuat anda tenang dan mengantuk pada akhirnya.

Ketiga: Hindari kopi dan rokok. Jika ketika menjelang tidur anda masih mengkonsumsi kopi atau merokok, jelas anda tidak akan bisa cepat tidur sebab siapapun tahu jika di dalam kopi dan rokok terdapat kandungan kimia yang membuat mata tambah melek.

Keempat: rutin!!! Maksudnya: jika hari pertama anda sudah berhasil tidur katakanlah pada jam 9 malam, maka hari kedua dan seterusnya usahakan jam tidur anda tetap jam 9 malam. Dan jika anda sudah merasa terbiasa tidur pada jam 9 malam untuk setiap harinya, maka dengan sendirinya, anda akan merasa selalu merasa mengantuk ketika jarum jam sudah menunjuk angka jam tidur anda itu (jam 9 malam).